Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus

7/05/2015
Satu lagi rumah sakit yang ada di kota Kudus selain RSI Sunan Kudus adalah Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Rumah sakit ini berlokasi di jalan AKBP R Agil Kusumadya, 110, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Rumah Sakit Mardi Rahayu termasuk ke dalam kelas rumah sakit strata B dengan didukung oleh sekitar 95 tenaga dokter dan 376 tempat tidur. Rumah Sakit Mardi Rahayu berada dibawah pengelolaan Yayasan Kristen Kesejahteraan Mardi Rahayu.

Sejarah Rumah Sakit

Berdirinya Rumah Sakit Mardi Rahayu didasari oleh keinginan untuk menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat. Berawal pada tahun 1960 beberapa tokoh GKMI Kudus diantaranya Liem Wie Tan(Daud Darmawan Karunia), Lie Tjwan Tjioe, Lie Djie Ie, Kwik Tjhiang Ien(Indarto Kirana), Ds. Sudarsohadi mendirikan YKKSM Kudus yang merupakan cabang dari YKKSM Pusat yang mengelola Rumah Sakit Kristen Tayu.

YKKSM Kudus kemudian mendirikan Balai Pengobatan yang dikelola secara independen di Jl. KH Wahid Hasyim 76-78 Kudus yang resmi dibuka untuk umum pada tanggal 10 Juni 1964. YKKSM Kudus kemudian berdiri sendiri dan terpisah dengan YKKSM Pusat dan mendirikan yayasan baru bernama Yayasan Kesehatan Kristen (YKK) pada tanggal 16 November 1967 dengan Akta Notaris yang dibuat oleh Notaris RM Poerbokoesoemo dari Kantor Notaris Ny. S.R. Widarso, SH Kudus.
Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus
Foto : Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus, sumber: www.rsmardirahayu.com

Rumah Sakit Mardi Rahayu sendiri baru berdiri pada tanggal 29 januari 1969 disebidang tanah yang berlokasi di Desa jati Wetan kabupaten Kudus. Nama Mardi Rahayu berasal dari dua kata yaitu Mardi yang berarti tempat berusaha dan Rahayu yang berarti selamat atau sejahtera. Keinginan untuk membuat rumah sakit berawal dari berkembangnya Balai Pengobatan sehingga diperlukan tempat yang lebih luas lagi untuk melayani pasien.

Pada awalnya Rumah Sakit mardi Rahayu melayani pasien rawat inap dengan kapasitas 25 tempat tidur. Rumah Sakit juga melayani proses ibu melahirkan dan perawatan anak-anak. Pada tahun 1974 bangunan Rumah Sakit Mardi Rahayu diperluas dan tempat tidur rawat inap ditambah menjadi 100 tempat tidur dan mulai resmi dibuka untuk umum pada tanggal 17 Desember 1974. Tanggal berdirinya Rumah Sakit pada 29 Januari 1969 diperingati sebagai tanggal lahir Ruah Sakit Mardi Rahayu.

Kini Rumah Sakit Mardi Rahayu sudah berkembang sangat besar dan megah dengan sarana perawatan mencapai sekitar 376 tempat tidur. Yayasan Kesehatan Kristen (YKK) juga sudah berubah nama menjadi Yayasan Kristen Kesejahteraan Mardi Rahayu (YKKMR) pada tanggal 28 September 2007 mengikuti aturan baru tentang Yayasan sesuai dengan Undang-Undang nomor 16 tahun 2001 dan Undang-Undang nomor 28 tahun 2004.

Visi Misi dan Motto Rumah Sakit

Visi Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus : 

  • Menjadi Rumah Sakit Pilihan Utama di Jawa Tengah

Misi Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus : 

  • Menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan Yang Utuh dan Bermutu bagi semua masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan panggilan Gereja Yaitu : Pelayanan, Persekutuan dan Kesaksian

Motto Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus :

  • Kesembuhan dan Keselamatan Anda Adalah Kebahagiaan Kami

Fasilitas rumah Sakit

Dalam mewujudkan visi dan misinya, Rumah Sakit Mardi Rahayu terus berkembang dan melengkapi sarana dan fasilitas yang mendukung pelayanan kesehatan dan pengobatan. Tercatat Rumah Sakit Mardi Rahayu memiliki 376 tempat tidur untuk perawatan dengan didukung sekitar 95 tenaga dokter umum dan spesialis.

Berikut ini ruang perawatan dan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus:
  1. Fasilitas rawat inap mulai kelas 3 sampai VIP seperti Ruang Betani, Immanuel, Kana, Bethesda dan Maranatha.
  2. Pelayanan Unit Gawat Darurat dengan 7 dokter jaga.
  3. Pelayanan dokter umum sejumlah 16 dokter.
  4. Pelayanan dokter spesialis seperti Spesialis Penyakit Dalam, Anak, Kebidanan & Kandungan, Bedah, Syaraf, Mata, THT, Urologi, Paru-paru, Kulit & Kelamin dan Orthodonti.
  5. Klinik Gigi, Gizi dan Psikologi.
  6. Fasilitas Persalinan, Ruang Eva
  7. Perawatan Anak, Ruang karmel.
  8. Instalasi Stroke.
  9. Ruang ICU.
  10. Ruang HDN.
  11. Ruang Peristi.
  12. Fasilitas radiologi seperti CT-Scan, MRI, USG dan Rontgen
  13. Unit Hemodialisis (cuci darah).
  14. Fasilitas Rehabilitasi Medik / Fisioterapi.
  15. Dan masih banyak lagi fasilitas lainnya 

Alamat dan Lokasi Rumah Sakit

Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus Beralamat di :
Jl. AKBP R Agil Kusumadya, 110,
Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, 59346 Jawa Tengah
Nomor Telepon : (0291) 43470710

Lokasi Rumah Sakit Islam Sunan Kudus pada Peta : 
Peta Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus

Itulah sedikit ulasan tentang Rumah Sakit Mardi rahayu Kudus. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi langsung website resmi Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus di www.rsmardirahayu.com.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »